Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Aceh akan Peringati Seabad Wafatnya Pejuang Muslim Cut Nyak Dhien

Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) berencana akan mengadakan peringatan seabad meninggalnya pahlawan nasional Cut Nyak Dhien

Hidayatullah.com--Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) berencana mengadakan peringatan seabad meninggalnya pahlawan nasional Cut Nyak Dhien yang dimakamkan di Sumedang Jawa Barat.

"Kita punya keinginan memperingati 100 tahun meninggalnya Cut Nyak Dhien, salah seorang pahlawan besar," kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Aceh, Raihan Putri Ali Muhammad, di Banda Aceh, Rabu.

Dalam pertemuan bulanan BPPPA, Raihan mengatakan peringatan itu bertujuan untuk mengenang kembali jasa-jasa Cut Nyak Dhien di kalangan kaum muda bahwa Aceh memiliki pahlawan perempuan yang berjasa melawan penjajah Belanda.

Husni Arifin dari Aceh Independent Institute mengatakan alasan diperingatinya seabad Cut Nyak Dhien bertepatan dengan momentum 100 tahun meninggalnya pahlawan tersebut pada 6 November 2008.

"Kita tahu banyak pahlawan perempuan Aceh lainnya yang berjasa seperti Cut Mutia dan Malahayati, tetapi selain bertepatan dengan seabad meninggalnya Cut Nyak Dhien dan ia merupakan tokoh yang paling dikenal khalayak," tambahnya.

Cut Nyak Dhien lahir di Lampadang, Aceh Besar pada 1848 dari keturunan bangsawan, ia berjuang melawan Belanda pada masa Perang Aceh. Setelah wilayah VI Mukim diserang, ia mengungsi sementara suaminya, Ibrahim Lamnga bertempur melawan Belanda.

Setalah suaminya tewas di Gle Tarum pada 29 Juni 1878, ia menikah dengan Teuku Umar, salah satu tokoh pejuang yang melawan Belanda pada 1880. Bersama Teuku Umar, ia bertempur melawan Belanda, namun Teuku Umar gugur saat menyerang Meulaboh pada11 Februari 1899.

Setelah suaminya meninggal, Cut Nyak Dhien berjuang sendirian di pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya. Meski ia telah lanjut usia dan menderita penyakit serta rabun sehingga seorang pasukannya yang bernama Pang Laot Ali melaporkan keberadaannya karena iba.

Akhirnya ia ditangkap dan dibawa ke Banda Aceh untuk dirawat dan penyakitnya mulai sembuh, namun karena Belanda khawatir keberadaanya menambah semangat perlawanan rakyat Aceh sehingga ia dipindahkan ke Sumedang, Jawa Barat.

Di pengasingannya identitasnya disembunyikan Belanda dan ia dipanggil dengan sebutan Ibu Prabu dari seberang. Ia mengisi hari-harinya dengan mengajar ngaji meskipun dalam kondisi mata tidak dapat melihat lagi.

Ia meninggal pada tanggal 6 November 1908 dan dimakamkan di Gunung Puyuh, Sumedang.

Ketika Belanda menduduki Aceh dibawah pimpinan Kohler dan membakar Masjid Raya Baiturrahman, Cut Nyak Dhien memompa semangat kaum Muslim dengan meneriakkan kata-kata yang dikenang sepanjang sejarah;

Lihatlah wahai orang-orang Aceh!! Tempat ibadat kita dirusak!! Mereka telah mencorengkan nama Allah! Sampai kapan kita begini? Sampai kapan kita akan menjadi budak Belanda?.” [cha, ant, berbagai sumber/www.hidayatullah.com]

Posting Komentar

0 Komentar